Sejarah Club Bola MU – Manchester United

vcareit.net – Sejarah club bola MU, yang di dirikan pada tahun 1878 sebagai Newton Heath LYR Football Club, memiliki sejarah panjang dan bergengsi dalam dunia sepak bola Inggris. Berikut adalah beberapa poin kunci dalam sejarah Manchester United:

Pendirian Klub

Klub ini di dirikan sebagai Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878 oleh liga eropa departemen karyawan dari Lancashire and Yorkshire Railway Depot di Newton Heath. Mereka bermain pertandingan pertama mereka pada tahun 1880.

Pergantian Nama

Pada tahun 1902, klub mengalami krisis keuangan dan hampir bangkrut. Namun, seorang pengusaha bernama John Henry Davies menyelamatkan klub dan mengubah namanya menjadi Sejarah club bola MU pada tahun 1902.

Old Trafford

Manchester United memainkan pertandingan kandangnya di stadion Old Trafford sejak tahun 1910. Stadion ini menjadi salah satu ikon dalam sejarah klub dan di kenal sebagai “The Theatre of Dreams.”

Busby Babes

Di bawah manajer legendaris Matt Busby, Manchester United mencapai kesuksesan besar pada tahun 1950-an. Tim muda yang di kenal sebagai “Busby Babes” mencapai puncak pada musim 1956/1957 dengan memenangkan gelar liga.

Tragedi Munich

Tragedi Munich terjadi pada 6 Februari 1958, ketika pesawat yang membawa tim Manchester United kembali dari pertandingan Piala Eropa tergelincir dan mengalami kecelakaan di Bandara Munich. Delapan pemain tewas dalam kecelakaan itu, dan Busby sendiri selamat meskipun luka parah. Klub butuh waktu bertahun-tahun untuk pulih dari kejadian ini.

Era Kesuksesan Sir Matt Busby

Setelah pulih dari tragedi Munich, Manchester United kembali meraih sukses di bawah kepemimpinan Matt Busby. Mereka memenangkan Piala Liga Inggris pada tahun 1963 dan mencapai kembali puncak dengan memenangkan Piala Eropa pada tahun 1968.

Era Ferguson

Manajer terbesar dalam sejarah klub, Sir Alex Ferguson, menjabat sebagai manajer selama hampir 27 tahun dari 1986 hingga 2013. Di bawah kepemimpinannya, Manchester United meraih kesuksesan besar termasuk 13 gelar Liga Premier, 5 Piala FA, dan 2 Liga Champions UEFA.

Treble Winners

Musim 1998/1999 di anggap sebagai puncak kesuksesan di bawah manajemen Ferguson. Manchester United memenangkan Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions UEFA dalam satu musim, meraih treble yang sangat di hormati.

Era Kontemporer

Setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson pada tahun 2013, klub mengalami periode perubahan manajerial dan kinerja. Meskipun mengalami tantangan, Manchester United tetap menjadi salah satu klub terkemuka di Inggris dan dunia sepak bola.

Manchester United tetap menjadi salah satu klub sepak bola terkenal di dunia dengan basis penggemar yang besar dan prestasi gemilang di level domestik dan internasional. Baca juga artikel lainnya biodbms.com