Sang Playmaker Michel Platini

vcareit.net – Sang Playmaker Michel Platini dalam sepak bola adalah salah satu yang paling cemerlang dan dihormati dalam sejarah olahraga. Berikut adalah cuplikan dari karir Sang Playmaker Michel Platini :

  1. Awal Karir:

    Platini memulai karir profesionalnya dengan klub AS Nancy pada tahun 1972. Di Nancy, dia menjadi salah satu pemain terbaik di Prancis dan mendapatkan reputasi sebagai playmaker yang luar biasa. Baca Juga Liga Eropa

  2. Pindah ke Saint-√Čtienne:

    Platini kemudian pindah ke klub Saint-√Čtienne pada tahun 1979, di mana dia terus menunjukkan kelasnya. Dia membantu klub ini meraih gelar Liga Prancis pada tahun 1981. Baca Juga Berita Masa Kini

  3. Juventus:

    Pada tahun 1982, Platini bergabung dengan Juventus di Italia. Di sini, dia mencapai puncak karirnya. Bersama Juventus, Platini meraih tiga gelar Serie A berturut-turut (1984, 1986, 1985) dan Piala Liga Champions UEFA pada tahun 1985.

  4. Prestasi Internasional:

    Platini adalah bagian integral dari tim nasional Prancis pada era 1980-an. Pada 1984, dia memimpin Prancis meraih gelar juara di Kejuaraan Eropa UEFA. Platini menjadi pencetak gol terbanyak dalam turnamen ini dengan sembilan gol. Dia juga berpartisipasi dalam tiga Piala Dunia FIFA (1978, 1982, 1986).

  5. Pensiun dan Karir Administratif:

    Platini pensiun sebagai pemain pada tahun 1987. Setelah itu, dia beralih ke karir administratif dalam sepak bola. Platini menjabat sebagai presiden UEFA dari tahun 2007 hingga 2015, di mana dia berperan dalam mengembangkan dan memajukan sepak bola Eropa.

Michel Platini adalah salah satu playmaker terbesar sepanjang masa. Keahliannya dalam mengatur permainan, visinya yang luar biasa, dan kemampuannya dalam mencetak gol membuatnya menjadi salah satu pemain paling dihormati dalam sejarah sepak bola.