Liga Tarkam

Vcareit.net РLiga Tarkam Liga Indonesia adalah sebuah liga permainan sepak bola antar kampung. Tarkam sendiri adalah sebuah singkatan kata yang berasal dari Tar yaitu antar dan kam sendiri yang berarti kampung. Di wilayah Indonesia sendiri tentu kalian sudah sangat familiar dengan Liga yang sangat seru ini. Biasanya liga tarkam Indonesia ini hadir karena ada acara yang di sumbang hadiah oleh baik perorangan ataupun lembaga-lembaga.

Liga Tarkam Indonesia

Di indonesia sendiri sebetulnya banyak baik dari anak anak hingga orang dewasa yang memiliki skill Tebak Score di atas rata-rata. Kebanyakan pemain Liga Tarkam profesional adalah mereka yang memiliki skill tetapi kurang dari segi modal atau bahkan kurangnya support dari pemerintah. Pemain berbakat tersebut biasa di panggil oleh para pihak agen penyedia pemain kelas liga tarkam dengan bayaran yang bervariasi, mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.5.000.000

Tidak hanya pemain lokal yang bermain di liga tarkam, tetapi banyak mantan pemain Nasional bahkan club besar Indonesia. Selain pemain lokal dan mantan pemain timnas/Club besar Indonesia, ternyata banyak juga agen tarkam yang menyediakan pemain kulit hitam dari berbagai negara.

Berikut adalah beberapa nama mantan pemain Timnas Indonesia:

1.Liga Tarkam Indonesia Titus Bonai

Mantan pemain Timnas Indonesia U-23 pada periode 2009-2011 asal Jayapura, Papua. Pemain yang akrab dipanggil Tibo itu juga pernah berseragam Timnas Indonesia senior. Sayangnya, karier Titus mulai meredup seiring dengan bertambahnya usia yang kini memasuki 33 tahun. Saat ini, Tibo berseragam PSIS Semarang di Liga 1 setelah sebelumnya main di PSMS Medan. Sebelum berseragam PSIS Semarang, Titus bermain di Liga Tarkam untuk menjaga performa dan mendapatkan honor tambahan. Dia terciduk sedang bermain di liga tarkam Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya itu, Titus juga pernah ikut membintangi turnamen sepak bola di Bina Jaya Cup, Tangerang Selatan yang digelar di Lapangan Latus, Ciputat, pada Juni 2015.

2.Bayu Gatra Sanggiawan

Mantan Pemain Timnas Indonesia U-23 ini terlihat bergabung dalam klub liga 1 asal Jawa Timur, Persela Lamongan. Bayu pun ikut meramaikan laga sepak bola tarkam, melalui laga ekshibisi klub internal Ledokombo melawan Tunas Remaja di Lapangan Sumbernangka, Jawa Timur pada 2020. Dalam laga tersebut, Bayu tergabung dalam tim Tunas Remaja.

3.Oktavianus Maniani

Satu lagi, mantan pemain timnas sepak bola Indonesia U-23 yang akrab disapa Okto, terciduk sedang mengikuti pertandingan sepak bola tarkam. Pria asal Raja Ampat, Papua Barat bermain dengan lincah di Turnamen Sepak Bola Tammejarra Cup 2022, Sulawesi Barat. Liga Tarkam ini cukup bergengsi bagi generasi muda di Sulbar, dan Okto berhasil membawa tim Persekab Kabe FC maju ke babak final. Tak hanya itu, Okto juga pernah mengikuti pertandingan tarkam yang diadakan di Wonosobo. (MG/Afridha Khalila)

Baca juga artikel menarik lainnya Biodbms.com